Minggu, Agustus 9, 2020

Dei FM Programs

Jadwal program acara radio DEI FM dunia pendidikan untuk anak SD, SMP, SMA, SMK, MA, SLB, Perguruan Tinggi dan Masyarakat Umum. Menyajikan Berbagai Siaran Acara Talkshow, pendidikan, bimbingan konseling, Murattal Quran dan Dakwah.

Mutiara Pagi

Setiap hari
05.00 – 06.30 wib : Program ini diisi oleh Buya M. Elvi Syam, dijadwalkan setiap hari dan disiarkan Live dari studio 1 DEI FM atau dari studio Buya M. Elvi Syam (kondisional).

Info Edu

Setiap hari
06.30 – 07.00 wib : Program ini dikonsep seperti membawakan berita yang dikemas secara ringan namun informatif dan aktual. Kontennya adalah informasi-informasi seputar dunia pendidikan. Konten tersebut diperoleh dari hasil MoU antara DEI FM dengan Dinas Pendidikan Kota Padang dan Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat, maupun lembaga-lembaga pemerintah yang lain. Di samping itu, bisa juga dari sumber lainnya seperti internet, murid-murid sekolah DEI, sehingga berita/informasi yang disampaikan dapat memperbaharui wawasan pendengar.

DEI Kids

Setiap hari
07.00 – 08.00 wib :Program ini berupa rekaman konten-konten yang diadopsi dari Yufid Kids (sementara), seperti audio belajar bahasa arab dan sebagainya. Untuk ke depannya, program ini akan diproduksi secara mandiri oleh tim DEI FM, sehingga konten yang disajikan benar-benar baru dan bermutu.

SAPA EDU Pagi

Setiap hari
08.00 – 09.30 wib : Sapa Edu pagi berkonsep obrolan ceria namun bermakna. Karena target dari program ini adalah pendengar dari kalangan anak-anak dan orang tua siswa. Program ini bertujuan membentuk karakter anak-anak yang berani, jujur dan ramah serta memiliki kemampuan komunikasi yang baik dan mumpuni. Program ini akan dibawakan oleh 2 orang penyiar yang akan membahas suatu tema selama 60 menit pertama. Tema yang akan dibahas yaitu hal-hal seputar dunia anak. Seperti hobbi anak, cita-cita mereka, mainan mereka, kegiatan mereka di rumah, prestasi mereka, tokoh yang mereka gandrungi, dll. Kemudian penyiar akan mengajak pendengar untuk interaktif lewat telepon maupun via whatsapp. Untuk membuat program ini berjalan dengan baik, maka bisa dilakukan melalui pola kerjasama antara DEI FM dengan sekolah untuk menyiapkan anak-anak didiknya, di mana anak-anak akan diminta untuk menelpon ke DEI FM selama program berlangsung.

Kita Perlu Tahu

Senin, Selasa, Jum’at, Sabtu, dan Ahad
10.00 – 12.00 wib :Program ini khusus membahas ilmu-ilmu di bidang sains. Program ini disajikan dengan konsep unik, informatif dan terkesan baru bagi pendengar. Pembahasan materi dalam program ini disusun berdasarkan hari, seperti berikut:  Senin, bertema ilmu biologi dan ekologi. Sub temanya dipecah menjadi; ilmu tentang manusia, hewan dan tumbuhan.  Selasa, bertema tentang fisika  Jum’at, bertema tentang geografi dan geologi  Sabtu, bertema tentang astronomi  Ahad, bertema tentang kimia

Talk Show Bintang Edu

Setiap Rabu
10.00 – 12.00 wib : Konsep dari program ini adalah mempromosikan figur-figur yang memiliki nilai positif dalam dirinya, sehingga dapat dijadikan sebagai model atau tokoh yang menginspirasi bagi pendengar. Program ini dibawakan oleh penyiar dengan suasana santai. Agar dialog yang dilakukan tidak kaku dan pembicaraan tidak bertepi, maka disediakan skrip bagi penyiar, sehingga talk show tersebut lebih terarah dan dapat ditarik kesimpulan pada akhir sesi. Program ini mengupayakan agar ada narasumber atau bintang tamu pada setiap jadwalnya. Adapun bintang tamu yang akan diundang dalam program ini bersifat umum. Bisa dari kalangan pelajar, guru, orang tua murid, mahasiswa, dosen, maupun tokoh-tokoh lainnya sepanjang kapasitas yang bersangkutan masih relevan dengan konsep program ini. Dalam program ini, menyediakan kesempatan bagi pendengar untuk ramah-tamah dengan bintang tamu, baik via telepon maupun whatsapp.

Pojok Sehat

Setiap Kamis
10.00 – 12.00 wib : Pojok sehat merupakan program khusus yang membahas tentang masalah kesehatan secara umum. Konsep program ini adalah memberikan solusi dan konsultasi masalah kesehatan kepada keluarga pendengar. Program ini berupa tips-tips kesehatan, pengobatan secara medis maupun non medis, dan juga pengobatan sesuai sunnah. Program ini akan dipandu oleh penyiar bersama ahli/pakar di bidang kesehatan. Tujuan dari program ini adalah memberikan solusi atas berbagai masalah kesehatan yang dialami masyarakat. Serta sebagai upaya untuk memberantas segala macam mitos, syirik, khurafat seputar masalah kesehatan yang sampai saat ini masih bercokol di tengah kehidupan masyarakat. Pada sesi terakhir, akan disertai dengan memasukkan unsur nasehat dan dakwah, sehingga pendengar merasa nyaman.

SAPA EDU Siang

Setiap hari
13.30 – 15.30 wib : Konsep dari program ini adalah ngobrol santai tapi bernilai. Program ini dipandu oleh 2 orang penyiar dengan melibatkan pendengar melalui telepon interaktif atau via whatsapp. Dalam program ini akan dibahas tema-tema seputar dunia pendidikan. Tema akan dibahas dengan konsep ngobrol santai oleh 2 orang penyiar tersebut selama 60 menit pertama. Setelah itu, melemparkan pertanyaan-pertanyaan yang agak tajam sehingga pendengar terpancing untuk memberikan komentarnya. Sebagian dari komentar/opini dari pendengar tersebut dicatat dan akan dirangkum pada 5 menit terakhir sebagai bahan kesimpulan (clossing program). Sebagai penghangat program, maka dibutuhkan narasumber dari kalangan terkait, seperti Dinas Pendidikan, wali murid, guru, pihak kampus, ustaz, dsb. Contoh tema yang akan diangkat dalam program ini antara lain; kapan kami (murid) kembali ke sekolah?, persoalan pbm mode daring, persoalan pendidikan agama (MDA) di masa pandemi covid-19, efektifitas perkuliahan online, dll.

Sang Teladan

Setiap hari
16.00 – 16.30 wib : Program ini akan diisi dengan ceramah tentang siroh, baik itu siroh para nabi, sahabat, dan ulama-ulama. Konsep dari program ini adalah menyajikan siroh bersambung, sehingga memberikan efek penasaran bagi pendengar, agar pendengar menunggu hadirnya program pada jadwal yang sama. Tujuan dari program ini adalah memberikan wawasan ilmu tentang betapa hebat, indah, haru, dan uniknya perjalanan hidup orang-orang terdahulu, sehingga pendengar dapat mengambil hikmah dari kisah tersebut. Selain itu juga sebagai upaya mengenalkan pendengar bahwa agama islam memiliki segudang tokoh-tokoh hebat yang layak dijadikan teladan atau idola, bukan malah mengidolakan umat agama lain. Adapun konten dari program ini diambil dari buku maupun stok yang telah ada sebelumnya.

Kita Perlu Tahu sesi 2

Senin s.d. Sabtu
16.30 – 18.00 wib : Di dalam progam ini, telah dibuat sub program khusus dan disusun berdasarkan hari siar-nya. yakni: 1. Senin dan Rabu Bertema budaya minangkabau, maka diisi oleh Pitaruah. Pitaruah Ayah sendiri merupakan program dengan dengan konten petuha-petuah khas minangkabau, yang lazim diberikan seorang ayah kepada anaknya. Jika kondisi memungkinkan, maka akan diundang tokoh atau figur-figur yang memiliki kapasitas dalam bidang ini, sehingga materi yang disampaikan lebih mengena bagi pendengar. Jika tidak, maka cukup berupa rekaman atau dubbing vocal, yang akan disulap menjadi bentuk audio yang menarik bagi pendengar. Tujuan dari program ini adalah untuk membangkitkan kembali budaya minangkabau yang notabene adalah islam, sehingga nasehat-nasehat atau petuah hidup yang diturunkan sang ayah kepada anaknya merupakan nasehat-nasehat atau petuah yang sarat dengan nilai-nilai yang terdapat dalam agama islam. 2. Selasa dan Kamis Temanya adalah bijak bermedia sosial (nama program menyusul). Maka yang akan disajikan adalah materi berupa klarifikasi atas berita-berita hoax, bimbingan bermedsos bagi anak-anak dan orangtua, tips-tips aman bermedsos, dan pengenalan terhadap regulasi yang berkaitan dengan dunia media sosial. Dan yang paling utama adalah kritik terhadap kebijakan pemerintah yang kurang dianggap perlu untuk dikritik. Sehingga DEI fm hadir sebagai penerang dan penyejuk di tengah kerisauan ummat. Dalam program ini dibutuhkan bahan skrip, bumper, ILM, dan diselipkan audio-audio dakwah. 3. Jum’at dan Sabtu Bertema tokoh inspiratif, maka diisi dengan program Idola DEI. Dalam program ini akan disajikan kisah-kisah hidup muslim/ah, baik yang terdahulu maupun zaman sekarang. Sumbernya bisa berasal dari buku, berita, dll. Dalam program ini butuh proglog sebagai pengantar bagi pendengar agar menimbulkan kesan seperti; “masya Allah, siapa ya, orangnya???”, atau “masa’ sih ada orang seperti itu, trus gimana kisahnya?”.

Khazanah

Setiap hari
19.00 – 19.30 wib : Program ini merupakan informasi-informasi singkat (30 menit) mengenai isu-isu terhangat yang berkaitan dengan khazanah dunia islam, baik lokal maupun global. Konsep dari program ini dibuat layaknya program khazanah yang ada di televisi. Namun untuk sementara waktu, kontennya bisa diambil dari stok yang ada sebelumnya. Selanjutnya akan rutin diproduksi konten yang baru agar pendengar tetap antusias dengan program ini.

Ruang BP

Setiap hari senin.
16.00 – 18.00 wib : Konsep dari program ini adalah parenting, yaitu dengan mengkaji faktor-faktor penyebab terjadinya perilaku negatif dari anak-anak, setelah itu diiringi dengan memberikan arahan, panduan, dan solusi atas perilaku anak tersebut. Program ini akan dipandu penyiar bersama seorang pakar parenting dan pakar psikologi anak. Di samping itu juga menghadirkan sosok ustadz yang akan memberikan pandangannya dari segi tuntunan agama.

ngoPi (ngobrol pendidikan)

Setiap hari selasa, Rabu dan kamis.
20.30 – 22.00 wib : Program ini berkonsep seperti ngobro biasa, seolah-olah sedang mengopi. Program ini akan membahas segudang permasalahan yang ada dalam dunia pendidikan masa kini. Program ini dipandu oleh penyiar bersama narasumber tetap yakni Buya M. Elvi Syam. Progam ini akan membahas suatu tema yang telah disiapkan sebelumnya. Adapun tujuan dari program ini adalah untuk mengubah mindset pendengar - dalam hal ini adalah orang tua murid – dari pola pikir menyekolahkan anak untuk sekedar mendapatkan pekerjaan di pemerintah atau swasta, tanpa memperhatikan dan mempertimbangkan rusaknya aqidah, buruknya akhak, dan minimnya ghiroh tehadap ummat ketika mereka telah dewasa. Di sini lah program ini hadir untuk memberikan penekanan kepada pendengar, bahwa agama islam telah memiliki konsep pendidikan terbaik. Yaitu konsep pendidikan berdasarkan risalah Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Suatu konsep yang yang akan membimbing generasi islam menjadi pemimpin dunia di segala bidang. Konsep pendidikan islam ini lah yang akan membimbing dan memberikan petunjuk jalan bagi anak-anak untuk meniti jalan suksesnya di dunia dan di akhirat.

Suara Qalbu

Setiap Jum’at
20.30 – 22.00 wib : Program ini berkonsep memberikan dakwah dengan konten yang menarik, menggugah dan memiliki kekuatan (semacam resonansi jiwa). Tujuan program ini adalah menyentuh qalbu pendengar dengan pesan-pesan agama, sehingga pendengar dapat mengambil hikmah dari konten yang disajikan tersebut.

Ruang PAI

Setiap Sabtu dan Ahad
20.30 – 22.00 & 16.30 – 18.00 wib : Program ini khusus membahas tentang ilmu-ilmu agama dasar, seperti: • aqidah (aqidah pemula, lanjutan, pendalaman) • fiqih • sirah, untuk siroh edisi ini, lebih fokus pada sejarah bagaimana generasi terdahulu membangun peradaban islam. Mulai dari makkah, madinah, jazirah arab, eropa hingga sampai ke nusantara. Program ini akan dipandu penyiar bersama dengan usatiz dari Dar el Iman. Tema dan narasumber dalam program ini disusun berdasarkan cabang ilmu di atas. Program ini bertujuan untuk mengisi kekosongan di tengah ummat, akan pentingnya ilmu agama dasar. Sehingga pendengar memperoleh ilmu yang dibutuhkan dalam keseharinnya.

CBSA (Curhat Bareng Saya Aja)

Setiap Ahad
20.30 – 22.00 wib : Program ini berkonsep curhat interaktif, yang dipandu oleh penyiar. Pendengar diberi kebebasan untuk mencurahkan persoalan yang sedang dialaminya, tanpa dipotong pembicaraannya. Agar pendengar merasa nyaman dan betah untuk terus curhat, maka selama curhat berlangsung, penyiar wajib untuk memberikan kesan simpati kepada pendengar, seperti merespon dengan suara isyarat, dan mengajukan pertanyaan sebagai feedback kepada pendengar. Pada ujung curhatan, penyiar memberikan solusi yang mengarah kepada dakwah, tanpa menimbulkan kesan meremehkan masalah yang sedang dialami oleh pendengar tersebut.

ILM

Setiap hari
Iklan Layanan Masyarakat. Mengudara setiap menit ke 15 setiap jamnya. Berdurasi kurang lebih 1 – 2 menit, berisi informasi seputar public service, mengenai sampah, kesadaran berlalu lintas, budaya literasi, dll